PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN Nova Sulasmianti TEst DOI:
http://dx.doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.365 Abstract The use blog as a learning
media has not been done optimally by the teacher. This is because many teachers
do not understand how and what steps must be taken in utilizing blog as learning
media. The use blog as learning medai can be done at all levels, either
elementary (SD), junior high (SMP), high school (SMA) or vocational school
(SMK), because students in general are accustomed to accessing information
through the web. But in this paper the use of blogs is more focused on junior
and senior high school/vocational level, because the blog creation planning
accompanied by the steps to prepare an online quiz that will be embedded into
the blog. This is done as one effort to prepare students facing UNBK. This study
was conducted in LPMP Bengkulu from January to March 2018. In this paper
described the steps in the utilization of blogs as a learning media. This study
begins by studying various literature and similar study results, to get a
picture related to the use of blogs as a learning media. After this study,
information was obtained that various problems in schools related to learning
media could be overcome by utilizing blogs as learning media. In the future, it
is expected that teachers can use blog as a learning media so that they can
attract more interest and attention of the students. Pemanfaatan blog sebagai
media pembelajaran belum dilakukan guru secara optimal. Hal ini disebabkan
karena banyak guru belum memahami bagaimana dan langkah apa yang harus ditempuh
dalam memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Pemanfaatan blog sebagai
media pembelajaran dapat dilakukan pada semua jenjang baik SD, SMP, SMA maupun
SMK karena peserta didik secara umum sudah terbiasa mengakses informasi melalui
web. Namun di dalam tulisan ini, pemanfaatan blog lebih difokuskan pada satuan
pendidikan SMP dan SMA/SMK karena perencanaan pembuatan blog disertai dengan
langkah penyiapkan kuis online yang akan disematkan ke blog. Hal ini dilakukan
sebagai salah satu usaha menyiapkan peserta didik menghadapi UNBK. Kajian ini
dllakukan di LPMP Bengkulu pada bulan Januari s.d Maret 2018. Dalam tulisan ini,
dijabarkan langkah-langkah dalam pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran.
Kajian ini diawali dengan mempelajari berbagai literatur dan hasil kajian
sejenis untuk mendapatkan gambaran terkait pemanfaatan blog sebagai media
pembelajaran. Setelah dilakukan kajian ini maka diperoleh informasi bahwa
berbagai permasalahan di sekolah terkait media pembelajaran dapat diatasi dengan
memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Kedepan diharapkan guru-guru dapat
memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran sehingga dapat lebih menarik minat
dan perhatian para peserta didik. Keywords Learning media, blog usage,
information access Full Text: PDF (BAHASA INDONESIA) References Abdillah, R,
dkk. 2017. Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan
prestasi belajar peserta didik. Surakarta: FE & FKIP UNS. Bauk, S. dan
Radlinger, R. 2013. Concerning Webbased e-learning at a Maritime Higher
Education Institution: Case Study. Transactions on Maritime Science. https://
hrcak.srce.hr/file/ 161551 (diakses: 2 Juli 2018). Darmawan, D. dkk. 2018.
Development of WebBased Electronic Learning System (WELS) in Improving the
Effectiveness of the Study at Vocational High School “Dharma Nusantara”. Journal
Of Computer Science. http:// thescipub. com/pdf/10.3844/jcssp.2018.562. 573.
Januarisman, E dan Ghufron, A. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis
WEB Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Peserta didik Kelas VII. Jurnal
Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 3, No 2, Oktober 2016 (166-182). Sumber:
https://journal.uny.ac.id/index.php/ jitp/article/view/8019 (diakses: 2 Juli
2018). Kristiyanti, M. 2011. blog sebagai alternatif media pembelajaran, Majalah
Ilmiah Informatika, Volume 2, Nomor 2. Muttaqin, Z. 2011, Pemanfaatan blog
sebagai media dan sumber belajar alternatif Qur‘an Hadits tingkat Madrasyah
Aliyah. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. Marfu’ah, Sri. 2015. Implementasi
Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Blog oleh Guru dalam Pembelajaran Sejarah
di SMA Islam Hidayatullah Semarang. Skripsi. UNS http://
lib.unnes.ac.id/20545/1/3101411162-s.pdf (diakses: 3 Mei 2018). Rokhman, M. Nur.
dkk. 2015. Pengembangan Media Blog Sejarah untuk Pembelajaran Sejarah di SMA.
Yogyakarta: Pendidikan Sejarah-FIS-UNY. Sartono. 2016. Pemanfaatan blog sebagai
media pembelajaran di sekolah. Transformatika, Volume 1, Nomor 1. Subianto,
2009. Pemanfaatan blog sebagai media informasi. Semarang: INFOKAM Nomor 1/ Tahun
V. Wahyudi, N. 2014, Pemanfaatan Blog sebagai Media Pembelajaran Interaktif.
Jurnal Studi Islam Panca Utama, Edisi 12, Tahun 10, hal. 88-90. Yuliasari, A.
dkk. 2014. Peranan pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran dalam
meningkatkan motivasi belajar peserta didik, Jurnal kultur demokrasi volume 2
nomor 8. http://id.portalgaruda.org/?ref=browse &mod=viewarticle&article=288950
(diakses: 26 April 2018). Adillah, R. 2016. Blog sebagai sumber belajar.
Makalah,http://iainpurwokerto gapma.blogspot.co.id/ 2016/12/normal-0-
false-false-false-en-us-x-none.html (diakses: 3 Mei 2018). Afiandini, DW.
2011.Prilaku pengaksesan dan pemanfaatan internet dalam kegiatan akademik di
kalangan peserta didik SD. Jurnal UNAIR.
http://journal.unair.ac.id/downloadfullpapers-palim276ac3428f2full.pdf (diakses
pada 5 Juli 2018). Alianto, D. 2017. Pengembangan media Vlogging (Video
Blogging) untuk Pembelajaran Laporan Perjalanan pada Peserta didik Kelas VIII
SMP Katolik Yohanes Gabriel Pare-Kediri. https:// repository.usd.ac.id/17730/2/
131224094_full.pdf (diakses: 3 Mei 2018). Cahyono, T. 2017. Format dan gaya
penulisan artikel blog yang nyaman dibaca, https:// www.mengelolablog.
com/2017/10/formatdan-gaya-penulisan-artikel-blog.html (diakses: 28 April 2018).
Ernalida, dkk. 2018. Penggunaan Blog sebagai Sarana penunjang Pembelajaran
Bahasa Indonesia di Sekolah.https://www.research
gate.net/publication/323243117_Penggunaan Blog_sebagai_Sarana_Penunjang
Pembelajaran_Bahasa_Indonesia_di_Sekolah (diakses: 3 Mei 2018). Fachruddin, M.
2016. Blog sebagai media pembelajaran, Mufa Media, http://
mufamedia.blogspot.co.id/2015/12/blogsebagai-media-pembelajaran.html (diakses: 3
Mei 2018). Mahendra, I Gede Jaka. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Blog
pada Mata Pelajaran TIK Kelas VII SMPN 1 Sukasada. Sumber: https://
media.neliti.com/media/ publications
/207192-pengembangan-mediapembelajaran-berbasis.pdf (diakses: 3 Mei 2018).
Nurrohman, S. 2012. Pemanfaatan Free Weblog sebagai Media Pembelajaran IPA
Berbasis Web yang dapat dikelola secara instan dan gratis.
https://core.ac.uk/download/pdf/ 11058988.pdf (diakses: 3 Mei 2018. Okta. 2008.
BLOG sebagai media belajar. https:// dowaen.wordpress.com/blog-
sebagai-mediabelajar-by-okta/ (diakses: 6 Pebruari 2017). Pardiman. 2012.
Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran. https://vbt249.
wordpress.com/2012/01/29
/materi-diklatpemanfaatan-blog-sebagai-mediapembelajaran/ (diakses: 3 Mei 2018).
Rahmawan, Arry. 2012. 5 hal yang membuat tulisan blog lebih menarik. http://
arryrahmawan.net/5-hal-yang-menjadikantulisan-blog-lebih-menarik/ (diakses: 3
Mei 2018). Sudrajat, Ajat dan Zulkarnain. 2013. Pengembangan media blog sejarah
sebagai alternatif media pembelajaran sejarah di SMA. Laporan Penelitian, UNY
http:// eprints.uny.ac.id/23930/1/LAPORAN% 20PENELITIAN%20PAK%20AJAT%20unggulan
%20PT%2026%20November.pdf (diakses: 3 Mei 2018). Undang-Undang Nomor 14 Tahun
2005 tentang Guru dan Dosen. Wibowo, A. dan Atari, D. 2009. Analisis isi
(content) blog sebagai media kampanye calon anggota legislatif (caleg) pada
pemilu legislatif 2009. Yogyakarta: Seminar Nasional Informatika UPN Veteran.
Zakaria, M. Langkah-langkah cara membuat blog, http://www.nesabamedia.com/
cara-membuatblog/ (diakses: 10 April 2018).
Komentar
Posting Komentar